PASAR BEBAS

Pengertian Pasar bebas adalah sistem perdagangan dan investasi bebas di seluruh dunia. bisnis finansial dunia berlangsung 24 jam penuh.
pada sistem perdagangan bebas semua hambatan perdagangan internasioanal dan investasi dihapus,landasanya yang kuat membantu yang lemah.
pada perdagangan bebas perlu di kembangkan sikap kemitraan yang setara dan saling menghormati antar negara,apakah itu negara maju maupun negara berkembang ,agar kerja sama ekonomi saling menguntungkan

 Persiapan apa yang harus diperlukan dalam menghadapi era pasar bebas itu? Untuk menghadapi kehidupan seperti itu, mulai saat ini kita ( yang dimulai dari ; diri sendiri, keluarga, dan teman sebaya, serta mengajak warga masyarakat untuk menyadari akan hal itu. Maka disini ada beberapa hal yang diperhatikan adalah :


a. Menanamkan disiplin dasar dalam hidup seperti : meghargai waktu, menghargai karya orang lain, melatih ketrampilan diri , baik ketrampilan berfikir maupun skill kerja, membiasakan perbuatan-perbuatan yang terpujji, sekecil apapun perbuatan itu selama bersifat positif konstruktif tetap mempunyai nilai yang sangat besar guna menggali potensi yang dimiliki
b. Membiasakan budaya antri dan teratur dalam kehidupan, menanamkan kesadran dan kebiasaan yang teratur dalam hidup bukan saling menjatuhkan dalam berebut untuk mendapatkan sesuatu. Hal ini perlu didukung oleh lembaga-lembaga yang memberikan pelayanan umum ( public ) agar selalu mengkondisikan suasana tertib aturan dimanapun.
c. Penegakan hukum yang tegas. Hukum berlaku untuk semua orang tanpa kecuali, disini diperlukan penegak hukum yang tegas dan disiplin tinggi bukan penegak hokum yang doyong, kadang tegas kadang tidak. Hukum di tegakkan untuk menciptakan suasana kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan dinamis. Suatu masyarakat akan disegani oleh masyarakat ( bangsa ) lain apabila aparat dan penegak hukum yang ada mampu menegakkan
hukum yang berlaku secara tegas. Untuk membuat jera pelanggar hukum yang berat, hukum matipun perlu ditegakkn.
d. Menanamkan sifat jujur pada tiap-tiap individu , jujur untuk diri sendiri maupun maupun jujur kepada orang lain. Tinggalkan jauh-jauh sifat bohong. Kebohongan hanyalah akan merugikan diri sendiri dan akan merugikan orang lainyang akhirnya akan merugikan bagi orang lain.lebih luas lagi tidak akan dipercaya oleh bangsa lain. Menciptakan birokrat-birokrat pemerintahmaupun swasta-swasta yang amanah, dan jujur. Mereka paham akan yang dirasakan masyarakat, kesusahan masyarakat, tanggap akan permasalahan social. Bukan aparat yang egosentrik.
e. Tinggalkan perilaku KKN di segala bidang, karena perilaku ini mematikan kemampuan individi-individu yang mempunyai dorongan untuk maju  (virus mental) dan dorongan untuk selalu berprestasi need for achievement  (n Ach), mematikan dorongan untuk bersaing dan sehat , dan sebagainya. Potensi-potensi ini dikalahkan oleh mereka yang melakukan KKN. Untuk  ini sepakat berantas KKN.
f. Berwawasan kedepan (progress oriented), orientasi  ke masa depan. Orang-orang yang mempunyai wawasan kedepan berat akan mempunyai cita-cita yang akan diperjuangkan. , mempunyai  semangat hidup tinggi , mereka berpendapat bahwa hidup perlu diperjuangkan.  Untuk mengapai kesejahteraan harus dengan perjuangan , semangat kerja keras bukan malas-malas , akan selalu merumuskan dan membuat perencanaan yang terarah sehingga hasil perubahan yang diharapkan sesuai dengan apa yang di inginkan.

sumber beberapa di ambil dari buku PPKN SMK KLS 10-12

Comments (0)